Trik Selesaikan Tugas Waktu Singkat



Tugas banyak ?, Numpuk ?, cara menyelesaikan dengan cepat bagaimana?, apa iya harus begadang ?.

Hai teman - teman semangat belajar ya, jangan merasa puas untuk belajar. Baik, Kali ini Vadia mau bahas bagaimana cara menyelesaikan tugas biar cepet kelar.
Vadia bahas ini, karena Vadia juga pernah ngalamin ketika banyak tugas dengan waktu yang berdekatan tugas satu dengan tugas lainya. Sampai - sampai pernah begadang demi menyelesaikan tugas. Itu benar - benar tidak efektif banget. Karna kurangnya strategi mengatur dalam pengerjaan tugas tersebut, Vadia pernah ada tugas yang malah belum selesai semua. Tapi sekarang Vadia temukan solusinya dengan menerapkannya baik itu dalam belajar maupun pada kegiatan selain dalam belajar juga.
Setiap agenda Vadia gunakan strategi berikut ini :


1. Jangan campur waktu nyantai dengan waktu belajar.




Sebelum kalian belajar atau mengerjakan tugas, cobalah pikirkan terlebih dahulu cara apa yang mau kalian lakukan untuk menyelesaikannya. Dan ada 2 tipe yang biasanya dilakukan ketika mengerjakan tugas yaitu cara nyantai dan cara cepat.

Cara nyantai. Biasanya ketika belajar atau mengerjakan tugasnya itu pasang musik, cek HP, sambil ngemil dan yang lainnya. Tapi tipe ini menyita waktu yang lebih lama. Mungkin selesai dengan waktu 1 - 2 jam mengerjakannya dan tidak efektif. Karna, terkadang malah keenakan nyatainya.

Cara cepet. Menurut Vadia, ini lebih efektif untuk target tugas yang harus segera selesai karna waktu pengumpulannya. Biasanya tipe cara ini punya planing sebelum belajar seperti merapihkan tempat belajar supaya nyaman, simpan hp dan gunakan blok sosial media agar konsentrasi, siapkan alat tulis lengkap agar tidak beranjak dari tempat belajar, dan yang paling penting adalah Niat fokus belajar.
Dengan ini waktu pengerjaan tugas akan cepat selesai dan tidak menyita waktu yang lain yang harus kalian lakukan.

Baca juga : Kerjasama Diri Untuk Konsisten Belajar 

2. Atur Energi.

Bukan cuma waktu, tapi energi pun perlu diatur. Pernah gak sih, kalian pas mengerjakan tugas malah ketiduran ?.
Itu karena energi kita tidak sesuai dengan kegiatan kita.
Ada dua hal yang salah dalam mengatur energi yaitu :
• Mengerjakan tugas sulit di waktu cape.
• Sedangkan mengerjakan yang mudah di waktu kita bersemangat.
Kenapa hal tersebut tidak tepat ?.
Karena kalau memang kita benar - benar mau fokus, seharusnya kita mengatur energi kita dengan ini kita juga bisa mengatur waktu kita.
Maka dari itu, solusi terbaiknya adalah Kenalin kapan waktu berenergi kamu dalam menyelesaikan tugas. Entah itu pagi, siang ataupun malam. Di waktu berenergi kamu ini, berarti akan membuat bersemangat menyelesaikannya.


3. Do Get List.

Do get list ini ada tiga kata. Maka, ada tiga makna pula. Tapi pada kalimat ini ada dua planning dan goal kita yaitu dari kata do dan get.

Do ( Harus dilakukan). Dalam hal ini berkaitan dengan vision kita yang di mana kita harus menyelesaikan tugas kita. Maka dengan ini kita akan memprioritaskan apa yang lebih penting dari pada yang mau kita lakukan atau apa kegiatan menurut keinginan kita.
Contoh : Ketika ada PR yang waktu pengumpulannya besok, sedangkan kamu di waktu pulang sekolah ingin menonton drama Korea.
Maka dari sinilah prioritas lebih penting itu kalian selesaikan PR kalian lalu berikan hadiah untuk diri sendiri setelah mengerjakan tugas dengan menonton drama Korea.

Get ( Yang mau atau ingin dilakukan ).
Bagian ini merupakan planning sesuai keinginan yang biasanya terisi dengan prioritas less important. Contohnya seperti main game, main bareng temen, dan yang lainnya. Maka kerjakanlah yang lebih penting dahulu, baru setelah itu kalian dapat melakukan hal yang termasuk pada agenda keinginan kamu sendiri.

Mau Dapat Nilai Bagus ? Ini Triknya.


4. Strategi Urutan Tugas.

Untuk bisa menyelesaikan PR yang relatif cepat, atur strategi dengan membuat urutan tugas. Ini juga termasuk hal yang penting. Kenapa ? Kalau kita tidak bisa mengatur strategi ini, bukannya hanya menyita waktu lebih banyak tapi akan berpengaruh juga dengan kesiapan tugas yang mungkin akan tertumpuk dengan tugas yang lain.
Strategi urutan tugas ini, maksudnya adalah kita harus bisa mengurutkan tugas mana yang dikerjakan pertama kemudian berikutnya dengan memperhatikan 4 hal berikut :
1. Tingkat kesulitan tugas.
Mudah atau susah pasti berpengaruh pada lamanya pengerjaan.
2. Batas waktu pengumpulan atau selesai.
Terkadang kita menyelesaikan tugas yang lebih mudah terlebih dahulu, eh padahal batas waktu pengumpulannya lebih jauh. Sedangkan kategori sulit yang harus dikumpulkan dengan waktu yang pendek malah di sepelekan. Akhirnya waktu yang harusnya selesai malah terkikis oleh pengerjaan yang menurut kita kategori tugas sulit.
3. Jumlah tugas yang harus dikerjakan.
Kondisikan dengan waktu yang diperlukan dalam pengerjaan, waktu yang tersedia, dan waktu pengumpulan.
4. Lama waktu pengerjaan.
Seperti yang dijelaskan tadi lama waktu pengerjaan berpengaruh. Pada bagian ini kondisikan dengan waktu berenergi kamu juga.

Untuk lebih paham lagi temen - temen perhatikan penggambarannya berikut ini ya ...



5. Nyicil Projek.

Sesuai dengan kata " nyicil " maka trik selanjutnya kalian ingat seperti halnya kata pepatah sedikit - sedikit lama - lama jadi bukit. Maksudnya yaitu setelah kalian mengatur urutan tugas, pasti kalian akan mengerjakan prioritas yang lebih dahulu di kerjakan. Nah ... untuk pengerjaan tugas yang waktu pengumpulannya sedikit lebih jauh dari tugas yang pertama, maka kalian jangan menyepelekannya. Kalian harus bisa menyicilnya baik itu kategori mudah atau susah, menurut Vadia ini membantu kita untuk kita mendapat waktu luang yang besar di bagian finishing. Dan artinya kamu bisa deh melakukan agenda sesuai keinginanmu.
Dan untuk lebih mengerti perhatikan contohnya ya ...


Baca juga : Tips Cepat Hapal Materi.

Biasanya Vadia pakai app Reminder di HP. Dengan bantuan app Reminder ini, Vadia tulis semua tugas dan agenda yang mau dilakukan. Nyicil tugas yang akan dikerjakan jadi lebih mudah. Karna kita tidak akan lupa bagian apa saja yang belum dikerjakan karna sudah kita tulis rinciannya. Di app Reminder ini juga, bermanfaat buat ngatur waktu kita. Bisa kita sesuaikan dengan waktu yang kita punya dan waktu berenergi kita untuk mengerjakannya.
Kemudian, ketika kita sudah meyelesaikan beberapa tugas, kita bisa menyentangnya sebagai tanda sudah di selesaikan dan lanjut dengan tugas yang lain.

Bagaimana ? Siap melakukan perubahan ? Semangat terus belajarnya ya ... semoga ini bisa membantu dan bermanfaat. Teman - teman Jangan merasa puas untuk belajar ya. Terus berusaha dan sukses selalu buat kita semua.

Comments

Popular posts from this blog

Studi Sastra Dengan Pendekatan Ekstrinsik

Kanvas Misterius

Adab Muqaran dan Realitas Keterpengaruhan Lapangan Sastra

Menyapamu Dalam Paragraf Ini.

Mengatasi Halaman Kosong yang Susah Dihapus di MS. WORD