6 Trik Nilai Bagus.





Nilai bagus adalah hal yang paling diinginkan para pelajar. Nilai, mengindikasikan kemampuan, pemahaman, keterampilan serta keaktifan siswa tiap bidang studi yang di pelajari selama di sekolah. Nilai kerap kali sebagai faktor penyemangat belajar bagi mereka para pelajar. Karena, nilai juga merupakan salah satu tiket untuk melanjutkan pendidikan tiap jenjangnya. Sepenting itulah nilai bagi mereka.

Banyak sekali pencapaian yang ditargetkan para pelajar untuk meraih nilai bagus. Mulai dari mereka yang rajin belajar, bahkan sampai pula pada yang ingin nilai bagus tapi malas belajar.
Perlu digaris bawahi, pola pikir hanya dapet nilai bagus dengan dapet bisa dalam belajar  itu beda banget. Minta gelas ya dapet gelas saja,  tapi minta air akan dapet gelas dan air.
Jadi intinya adalah fokuskan pola pikir kita untuk menjadi bisa melalui belajar dengan itu target pun akan mengikuti. Jika kalian belajarnya oke, paham oke, rajin juga oke maka nilai pun tak akan menghianati.

Sulit dalam menghafal ? ini solusinya . KLIK DI SINI

Timbul pertanyaan nih, terkadang hasil ulangan atau tes lainnya turun dan tak sesuai target, bagaimana caranya agar nilai kurang tersebut bisa di isi kembali dan target terpenuhi. Maka inilah yang Vadia akan bahas. Sebenarnya kita tidak usah menghawatirkan hal tersebut karna yang lebih penting adalah kerja keras dengan kerja nyata yang jujur. Ketika kamu berusaha keras berjuang tapi tak sesuai target, jangan menyerah buat strategi lagi. Temukan apa yang mesti kamu perbaiki. Kali ini Vadia akan bahas langkah strategi yang akan menjadi  poin tambahan. Berikut strategi yang dapat dilakukan :
 

1.    Selangkah Lebih Tau Agenda.

Catat hal yang akan di bahas pada materi selanjutnya oleh pengajar. Kemudian kalian cari tau, pelajari dan pahami betul intinya. Menurut Vadia ini penting sekali karna dengan ini kita bisa lebih siap saat jam pelajaran berlangsung. Kamu akan selangkah lebih maju dari yang lain ketika uji kompetensi diberikan.


2.    Menjawab Pertanyaan yang Diajukan.

Biasanya setiap proses belajar pengajar memberikan pertanyaan, dimana ketika di jawab akan memperoleh nilai tambahan. Jangan sia – siakan peluang ini, walaupun terlihat sepele tapi memperbanyak poin buat kamu. Jangan takut salah ketika menjawab soal atau pertanyaan. karna jika salah  juga akan dibantu dengan dijelaskan. Dan kamu tetap punya poin keberanian atau PD untuk berusaha belajar jawab pertanyaan, walaupun poin tak sama. Selain itu, dengan ini akan mengasah dan menguji letak kepahaman mengenai materi yang dipelajari.


3.    Belajar Aktif.

Sesuai sengan namanya, aktif berarti bergerak menjalankan sesuatu. Aktif dalam proses belajar penting sekali buat kita. karna bukan hanya sekedar tau, tapi kita harus bisa menerapkannya dalam pemahaman yang kemudian diungkapkan oleh kerja. Dengan aktif kamu juga akan dikenal dan di percaya dapat menyelesaikan setiap tugas. Contohnya, ketika tugas presentasi kamu turut serta dan bisa melakukannya dengan baik, mengajukan pertanyaan yang kurang di pahami, bisa menjelaskan pengulangan materi dengan sudut pandang pemahaman kamu dan yang lainnya.
 

Baca Juga : Kecanduan HP Bikin Gagal Atur Waktu. 
 
4.    Perhatikan Ketika di Jelaskan.

Jangan sampai kalian melewatkannya . Kalian harus tetap fokus agar paham apa yang sedang dijelaskan. Memperhatikan ketika proses belajar berlangsung, kalian akan dapat bagian penting. Terkadang materi yang dijelaskan lebih rinci dari pada yang terdapat di buku. Selain itu melalui penjelasanlah kisi – kisi untuk ulangan atau tes lainnya muncul. Seringkali kita tidak peka terhadap hal ini.


5.    Adaptasi Suasana Belajar.

Apasih makasudnya dari adaptasi suasana belajar ? apakah berkenaan suasana ruangannya ?.  Bukan seperti itu. Maksudnya yaitu kamu harus bisa menyesuaikan bagaimana dan apa yang seharusnya kamu lakukan setiap pergiliran mata pelajaran. Karna setiap pengajar itu berbeda – beda. Seperti ada yang selalu mengajukan pertanyaan berarti kamu harus siap untuk bisa menjawabnya, kemudian ada yang lebih sering menjelaskan berarti kamu harus benar – benar fokus agar paham. Itu akan menjadi poin buat kamu karna kamu akan termotivasi untuk aktif.

6.    Kerjakan Tugas Tepat Waktu.

Kerjakan dan selesaikan tugas pada batas waktu yang telah ditentukan. Jangan menunda  - nunda. Lebih awal lebih baik, karena dengan ini pengajar akan melihat kinerja kamu dalam menyelesaikan tugas yang diberikan. Dengan ini akan menjadi poin tambahan buat kamu. Tapi ingat kualitas juga perlu diperhatikan. Jangan sampai karena ingin lebih awal kamu tergesa – gesa tapi jawaban atau tugasmu salah atau tidak sesuai.


Itulah beberapa hal yang akan menjadi tambahan buat kalian dalam target untuk nilai bagus. Semoga bermanfaat ya ... Fokus belajar bisa lebih penting, karna hasil tidak akan menghianati usahamu.


“ Jangan merasa puas untuk belajar “.

Comments

Popular posts from this blog

Studi Sastra Dengan Pendekatan Ekstrinsik

Kanvas Misterius

Menyapamu Dalam Paragraf Ini.

Adab Muqaran dan Realitas Keterpengaruhan Lapangan Sastra

Mengatasi Halaman Kosong yang Susah Dihapus di MS. WORD