Sulit dalam Menghafal Materi ? Ini Tipsnya.





Tak sedikit pelajar mengalami sulitan dalam menghafal untuk menghadapi ulangan atau ujian. Apalagi dengan hal yang berbau  hafalan yang super panjang banget, dimana harus membutuhkan waktu yang lebih lama. Terutama waktu dalam mengumpulkan konsentrasinya, karna terkadang menatap panjangnya hafalan membuat kita kesulitan menangkap materi tersebut  bahkan jadi malas.

Perlu dipahami, sebenarnya kita tidak perlu menghafal apabila kita sudah paham konsep atau inti dari materi pelajaran tersebut. Baik itu ketika di sekolah ( penjelasan dari Guru )  ataupun ketika di rumah ( belajar sendiri ). Jadi untuk memudahkan kita dalam memahami konsep supaya kita hafal, di perlukan strateginya. Dimana itu dimulai dari kita sendiri.

Kali ini vadia akan memberikan tips atau cara efektif mudah dalam menghafal. Sebelumnya ingat ya “ kerjasama diri dengan kemauan kita lebih penting dari apa yang kita rencanakan “. Kita memang bisa membuat rencana tapi tanpa kemauan tak akan berjalan. 
Jadi mulailah mempersiapkannya.

Baca juga : Kecanduan HP Bikin Gagal Atur Waktu.


1.    Tulis Kata Penting.

Tulislah beberapa inti atau kunci dari kata penting yang di jelaskan pengajar atau materi yang kamu baca. Ingat kata kunci bukan uraian, maksudnya lihat tujuan makna dari uraiannya.
Contoh : Faktor dari pertumbuhan dan perkembangan akan memicu etiolasi.
Kata kunci : Etiolasi. 


2.    Pahami Kata Kunci.

Pastikan kamu paham betul dari inti materi tersebut. 
Tidak perlu hafal pada waktu itu juga, kamu cukup  memahaminya.
Ketika kurang mengerti usahakan kamu bertanya pada yang lebih paham. Baik itu pada guru ataupun teman. Dengan paham maka kamu akan ingat kapan pun itu.
Kepahaman dalam hafal akan memberi kesan. Walaupun lupa, tapi akan terbesit beberapa inti ketika kamu memahami materinya waktu itu.


3.    Ungkapkan dengan Kata Sendiri.

Tuliskan uraian dari kata kunci penting tadi dengan gaya dan bahasa yang kamu pahami dan mengerti. Tidak harus sama dengan kata dari kalimat pada buku atau ketika pengajar menjelaskan. Karna terkadang pemahaman berkurang ketika pokok dari kalimat terlalu panjang.


4.    Buat Catatan Kecil.

Kamu  juga dapat menulisnya di notebook, sticky note dan sejenisnya.
Buatlah tulisan semenarik mungkin yang akan memicu kamu dapat mengingatnya ketika lupa.
Misalnya dengan bolpoint berwarna -  warni, membuat bentuk gambar pada setiap kuncinya ataupun dengan kertas buku yang berwarna untuk setiap materinya.


5.    Baca Ringkasan atau Kata Penting Berulang – Ulang.

Bacalah tulisan yang kamu tulis sebelum kamu menutup buku. Perhatikan setiap kata, dan tata letak tulisan kamu. Karena dengan ini juga akan memicu ingatan hafalan ketika lupa.


6.    Hias Kamar dengan Tulisan Ringkasan Materi.

Apabila kamu merasa masih kurang berdampak, kamu  juga dapat menempelkan tulisan tadi di dinding kamar kamu  ( usahakan pada tempat sering terlihat oleh kamu ). Ini akan mengingatkan kembali pada materi yang telah di jelaskan.


7.    Merekam Suara Baca.

Ingin lebih matang, Paham, dan hafal lagi kamu bisa merekam suara ketika membaca materi tersebut. Kemudian kamu putar kembali di waktu luang dan sebelum menghadapi ujian. Ini yang sering Vadia lakukan ketika kerap kali rasa malas mulai menghampiri.  Biasanya Vadia putar suara rekamannya sebelum tidur dan ketika tiba di kelas.


8.    Konsep Guru dan Murid.

Ketika kamu merasa sudah Paham betul dengan materi tersebut, kamu bisa belajar kelompok bersama teman dengan cara tanya - jawab atau jelas - menjelaskan seperti halnya guru dan  murid. Pertanyaan yang di ajukan teman dan oleh mu akan teringat kembali dan terkesan pada ingatanmu.

Contoh : ketika teman kamu belum mengerti maka kamu dapat menjelaskan dan mengajarinya. Ataupun bisa sebaliknya, kamu yang bertanya.
Ini akan membuat hafalan semakin kuat.
Untuk menguji seberapa mengerti dan hafalnya kamu lakukanlah pengisian dengan  menjawab soal terkait dengan materi tersebut.

Tips tersebut bisa kalian gunakan untuk memudahkan dalam menghafal. Ketika kita Paham konsep atau inti bagaimana pun akan teringat kembali jika kamu  lupa materi tersebut. Baiklah teman – teman itulah beberapa tips dari Vadia untuk mudah menghafal. Semoga bermanfaat. 

“ jangan merasa puas untuk belajar dan belajar “

Comments

Popular posts from this blog

Studi Sastra Dengan Pendekatan Ekstrinsik

Kanvas Misterius

Menyapamu Dalam Paragraf Ini.

Adab Muqaran dan Realitas Keterpengaruhan Lapangan Sastra

Mengatasi Halaman Kosong yang Susah Dihapus di MS. WORD