Scan Gambar atau Foto ? Mengubah dan Satukan Foto Jadi Pdf ? Mudah Banget ini Caranya

Hai teman - teman semua, selamat datang di blog Vadia. Berkaitan dengan pertanyaan yang sering kali di tanyakan mengenai mengubah file satu ke file lainnya, kali ini Vadia mau bahas tutorial bagaimana mengubah file foto menjadi file pdf, dan jenis file lainnya.



Kali ini berbeda, kenapa sih Vadia Bahas tutorial ini. Oke ... Vadia jawab dulu ya ... sebenarnya tujuan dari tulisan artikel Vadia ini sebagai media belajar atau pendidikan. Dan teman - teman masih ingat kan ? Belajar itu bukan sekedar materi pelajaran ya ... 
Jadi terlintas di benak Vadia, mengenai soal belajar tinjauannya itu sangat luas terutama sekarang era digital. Banyak perkembangan dengan inovasi bentuk kreatifitas manusia. Nah... dengan ini kita pun tergerakan untuk memanfaatkan hal baiknya. Jadi Vadia ingin bisa share untuk sama - sama belajar mengenai IT.

Apa itu IT ? IT yaitu information Technology. Maksudnya adalah segala hal yang berkaitan dengan teknologi termasuk juga pada perangkat lunak komputer, perangkat keras, pemprograman dll untuk membantu kebutuhan dalam dunia informasi.


Baca Juga : Belajar Untuk Fokus. Temukan Motivasinya disini.


Baik teman - teman itulah sedikit pembahasan mengenai pertanyaan tadi. Beralih ke point kita sekarang.
Di masa pandemi ini, semuanya itu serba online. Itu pun kita harus pahami karena demi keselamatan bersama. 
Termasuk belajar dan bekerja dari rumah, online menjadi solusinya.
Berkaitan hal ini, untuk para pelajar mungkin jadi tantangan baru, tapi juga menjadi pelajaran baru. Karena mengirim tugas pun secara online.

Pengalaman Vadia ketika belajar online, dalam pengerjaan tugas itu kita kirim berupa file PDF. Ada pun dengan bentuk foto itu harus terlihat jelas mengenai tulisan tugas kita, supaya dapat di koreksi oleh pengajar. Dan inilah yang sering ditanyakan. Bagaimana caranya agar file foto terlihat jelas dan jernih, serta mengubah file satu ke file lain.

Nah ... ini dia cara yang Vadia gunakan untuk mengatasinya. Cukup menggunakan tiga langkah mudah

1. Unduh Aplikasi Office Lens.

Aplikasi Office Lens ini adalah aplikasi yang dapat membantu membuat, mengubah dan menyatukan berbagai file seperti foto, pdf, word atau dokumen, dan power point. Bukan hanya itu, aplikasi ini juga bisa melakukan scanning untuk mendapatkan hasil gambar yang benar benar jernih dan jelas. Aplikasi ini digunakan secara gratis teman - teman.
Kalian bisa unduh di play store, app store dan Microsoft store. Mudahkan ? Jadi kalian dapat menggunakannya di komputer juga.

Kecanduan HP bikin gagal atur waktu. Ini solusinya.

2. Tentukan Jenis atau Varian gambar Yang Akan di Gunakan.


Mulailah Mengambil Gambar atau Bisa Menggunakan File di Galeri.
Ketika memutuskan mengambil gambar, teman - teman bisa memilih apakah itu bentuk dokumen, kartu nama, foto, dan papan nama.
Kalian bisa secara langsung mengambil gambar dengan melakukan scan. Yang luar biasanya teman - teman nanti akan mendapatkan hasil yang bagus. Dan kalau pun ketika proses pengambilan gambar, kamera teman - teman tidak lurus, ataupun agak miring. Jangan khawatir karna hasil gambar itu akan tetap bagus secara otomatis.
Setelah pengambilan gambar selesai, teman - teman klik tombol selesai.

3. Tentukan Jenis File Yang Akan Disimpan.


Ada beberapa file yang ditawarkan untuk disimpan. Di antaranya foto, pdf, word, power point, note / catatan, dan one drive.
Dan jangan lupa kasih nama file untuk memudahkan jika sewaktu waktu di cari.
Gimana mudah kan ? Hasilnya pun bagus.

Lalu bagaimana caranya untuk menggabungkan beberapa foto ke file pdf ?

Tenang mudah sekali. Teman - teman ikuti cara Vadia ya.
Pada saat selesai pengambilan gambar atau pun memilih dari galeri, teman - teman klik tombol tambahkan. 
Dan pilih atau ambil gambar berikutnya yang akan di jadikan satu file. Lakukan hal tadi terus menerus, jika gambar yang akan di satukan banyak.
Jangan lupa untuk memperhatikan urutan gambar jika memang ingin pada file nanti berurutan.
Setelah itu teman - teman klik selesai dan memilih jenis file apa akan dijadikan sebagai dokumen. Prosesnya sama seperti langkah - langkah di atas. Jangan lupa beri nama.


Itulah cara yang sering Vadia gunakan untuk membuat file pdf dan scan foto tugas yang akan dikirim secara online. 
Dengan menggunakan aplikasi ini sangat membantu di masa sekarang yang semuanya serba online. 


Baca Juga : Materi Biologi Pertumbuhan dan Perkembangan.


Kemudian ada hal yang bisa kita atur sesuai dengan kebutuhan yaitu Resolusi untuk hasil dari scan dan file yang dibuat. 
Apasih Resolusi itu ? Resolusi disini maksudnya tingkat kualitas hasil yang akan dijadikan file. Kalian bisa mengaturnya mulai dari yang rendah hingga kualitas tinggi atau bagus. Dan tentu saja setiap jenis resolusi akan berbeda juga dalam jumlah kapasitas ruangnya atau besar kisaran ruang yang digunakan. Jadi intinya semakin bagus resolusinya semakin besar kapasitasnya.

Nah ... bagaimana teman - teman mudahkan ?. Semoga dengan ini dapat membantu kalian. Semangat terus untuk belajar. Jangan merasa puas untuk belajar ya... 

Comments

Popular posts from this blog

Studi Sastra Dengan Pendekatan Ekstrinsik

Kanvas Misterius

Menyapamu Dalam Paragraf Ini.

Adab Muqaran dan Realitas Keterpengaruhan Lapangan Sastra

Mengatasi Halaman Kosong yang Susah Dihapus di MS. WORD