Kecanduan HP Bikin Gagal Atur Waktu

 



 “ Di semester ini aku pengen nilaiku lebih baik dari sebelumnya “. Itulah yang sering diharapkan para pelajar tiap awal semester. Akan tetapi, hal tersebut tidak terealisasikan karena kurangnya memanajemen waktu. Dimana waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah tebuang sia – sia dengan hal lain. 

Pernah gak ketika sedang belajar, hp kamu nyala karna ada yang nge – chat ? bukannya bales chat saja, tapi malah kecanduan. Liat status orang lah, upload foto, ikut komen story dan lain – lain. Itulah beberapa contohnya. Terbuang begitu saja, tau – tau waktu belajar habis dan kamu tidak dapat paham materi yang akan di pelajari. Ujian ataupun ulanganlah yang jadi sasaran dampaknya. Bikin kamu blank dan nilai pun malah turun.

“ Eh ... hp juga di perluin ketika belajar !!! “.  Iya memang hp juga di perlukan untuk belajar seperti cari materi, liat video edukasi dan lain – lain. Tapi tanpa adanya stategi dan komitmen buat fokus belajar, mungkin kamu akan tergiur. 

Itulah kenapa memanajemen waktu penting sekali. Seperti kata pepatah “ Waktu itu emas “. jadi pemanfaat waktu yang baik akan memberi buah hasil dari usaha. Oleh karena itu mari kita mulai dari sekarang agar akhir menjadi terang. Baiklah Vadia akan berbagi tips untuk memanajemen waktu dan menghilangkan kecanduan hp saat belajar.

Baca Juga : Sulit Menghafal Materi ? ini tipsnya.


1.    Membuat Agenda atau Jadwal Kegiatan.

Tulis jadwal yang akan kamu lakukan pada hari ini berikut dengan waktunya. Dengan hal ini kamu akan bisa memperkirakan kegiatan. Karna,  meski dengan jadwal hari ini pun  mungkin akan di tambah dengan kegiatan yang tidak direncanakan sebelumnya. Contohnya tugas kelompok pulang sekolah.


2.    Kelompok Prioritas.



Setelah buat jadwal, kalian kelompokkan dengan kotak prioritas.
Kotak prioritas adalah kotak dengan daftar kegiatan kamu, yang di indikasikan penting dan kurang penting.

Hal yang lebih penting itu di utamakan kalian kerjakan pada jam awal + waktu perkiraan selesainya.

Sedangkan yang kurang penting kamu lakukan setelah prioritas penting selesai.
sehingga kamu bisa memanfaatkan waktu yang seharusnya wajib di isi kegiatan seperti belajar.


3.    Mengatur Jalannya Agenda.

Atur waktu dengan memasang alarm tiap kegiatan. Ini akan mengingatkan kamu yang sering kali mungkin lupa. Biasanya Vadia menggunakan hp tapi untuk mengantisipasi tidak main hp ( kecanduan hp ) saat liat notifikasinya, Vadia sertai di alarm tersebut dengan kata – kata motivasi dan alasan ingin lebih baik. Itu yang membuat jadi tidak terlena untuk main hp.


4.    Penbagian Sesi Waktu setiap Suatu Kegiatan.



Ketika bagian jadwal untuk belajar, juga perlu pembagian waktu. Kalian bisa membaginya seperti contoh dibawah ini :

a.    5 menit untuk membaca materi yang sudah di jelaskan sekolah.

b.    10 menit untuk membaca materi yang akan di pelajari selanjutnya di sekolah.

c.    5 menit untuk istirahat sejenak, seperti rebahan dan mengganti posisi belajar.

d.    15 menit pematangan kepahaman materi seperti mengerjakan soal – soal. Atau bisa dengan menonton video edukasi berkenaan materi tersebut.


5.    Mengunci atau Mengatur Sandi Aplikasi HP.

Untuk menghilangkan kecanduan hp ataupun tergiur untuk main hp saat belajar, kalian bisa mengunci aplikasi yang sering kalian gunakan. Mintalah bantuan orang lain untuk memberi sandi yang tidak kamu ketahui, tapi sandi di tulis di kertas agar bisa membukanya ketika kamu selesai belajar. Buat komitmen untuk tidak penasaran dan melihat sandi sebelum selesai belajar.


6.    Membuat Tulisan Motivasi.

 


Cara lainnya yaitu menjadikan tulisan motivasi di walpaper. Isinya mengenai alasan kamu harus berjuang belajar, tujuan kamu belajar, cita – cita, kemudian sertakan orang yang selalu berjuang untuk masa depan kamu ( orang tua ). Dengan ini kamu akan termotivasi untuk tetap fokus karena kamu tidak mau mengecewakan.

Tips tersebut bisa kalian gunakan sehari – hari untuk mengatur waktu. Yang paling penting ingatlah  “ Perjuangan tanpa rintangan bukanlah tantangan. Rintangan inilah yang harus di selesaikan “. Menghilangkan kecanduan malas hingga kita bisa menuai hasil dari tantangan.

" Jangan Merasa Puas Untuk Belajar "

Comments

Popular posts from this blog

Studi Sastra Dengan Pendekatan Ekstrinsik

Kanvas Misterius

Adab Muqaran dan Realitas Keterpengaruhan Lapangan Sastra

Menyapamu Dalam Paragraf Ini.

Mengatasi Halaman Kosong yang Susah Dihapus di MS. WORD